Metadata


Metadata adalah informasi yang membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan, menggunakan, atau mengelola resource (sumber daya) atau objek. Secara definisi, metadata adalah “data tentang data”.
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog, yaitu mengidentifikasi suatu data, mengelompokkan data yang serupa, membedakan data menurut kriteria tertentu dan memberikan informasi penting.
Metadata memiliki tiga jenis utama, yaitu: Metadata deskriptif, data yang dapat mengidentifikasi sumber informasi sehingga dapat digunakan untuk memperlancar proses penemuan dan seleksi. Metadata struktural, data yang dapat membuat antara data yang berkaitan dapat saling berhubungan satu sama lain. Metadata administratif,  data yang tidak hanya dapat mengidentifikasi sumber informasi tapi juga cara pengelolaanya.
Skema metadata terdiri dari tiga komponen, yaitu: Semantic, kesepakatan untuk membuat istilah yang digunakan untuk mewakili suatu makna. Content, dalam hal ini konten bisa diartikan sebagai cara mengisi semantic. content tersebut bisa berupa peraturan untuk kriteria pengisian unsur skema atau peraturan untuk nilai-nilai unsur. Sintaksis, dalam skema metadata dapat berarti sebagai machine readible (dapat dibaca mesin) atau dengan kata lain bahasa pemrogaman.
Makna metadata, yaitu: metadata adalah informasi tentang data, metadata adalah informasi tentang informasi, metadata berisi informasi tentang data itu atau data lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIKLUS TRANSFER INFORMASI

Pohon Ilmu Pengetahuan dan Science Mapping

Analisis Subjek dan Jenis Subjek