“Lembaga Pengelolaan Dokumen Semi Publik dan Publik ”



            Timbulnya perkembangan baru dalam penyediaan dan pelayanan informasi. Disini perkembangan baru artinya penggunaan metode atau teknik baru dalam menangani dokumen disertai dengan penyempurnaannya. Akibat lebih lanjut ialah munculnya berbagai organinasi atau lembaga khusus yang bergerak dalam bidang informasi dengan fungsi yang berbeda-beda.
             Lembaga dokumen adalah suatu badan, organisasi, kelompok, atau perhimpunan yang mengumpulkan, mengolah, memilah, dan memproses informasi dalam bentuk dokumen.
            Lembaga dokumen semi publik adalah lembaga, badan atau kelompok yang mengatur dokumen atau berkas-berkas bukti kegiatan lembaga tersebut yang tidak bisa disebarluaskan secara bebas
             Contoh lembaga dokumen semi publik adalah: arsip nasional, arsip perusahaan, museum, perpustakaan khusus, perpustakaan organisasi atau perusahaan, dan unit dokumentasi kecil.
Lembaga dokumen publik adalah lembaga, badan, organisasi atau kelompok yang mengelola dokumen yang dapat diakses untuk umum tanpa terkecuali dan dapat disebarluaskan secara bebas.
Contoh lembaga dokumen publik adalah: perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan peminjaman pusat, perpustakaan universitas, dan perpustakaan sekolah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIKLUS TRANSFER INFORMASI

Pohon Ilmu Pengetahuan dan Science Mapping

Analisis Subjek dan Jenis Subjek