Kontrol otoritas




Kontrol otoritas adalah proses yang mengatur informasi bibliografi, misalnya dalam katalog perpustakaan dengan menggunakan ejaan tunggal tunggal dari nama (judul) atau pengenal numerik untuk setiap topik. Kata otoritas dalam kontrol otoritas berasal dari gagasan bahwa nama-nama orang, tempat, benda, dan konsep diotorisasi. Dalam bidang perpustakaan, authority control merupakan konsep yang sudah lama dipakai untuk mengendalikan daftar nama dan subjek, demikian rupa sehingga potensi keragaman dalam cara penulisan dan penggunaan nama atau subjek tersebut tidak menimbulkan kebingungan ketika dipakai untuk menyimpan dan menemukan kembali sebuah data.
Pengaruh authority file pada pengindeksan subjek yaitu : sarana/alat bantu daftar tajuk subjek, daftar tajuk subjek untuk perpustakaan, sears list of subject headings, library of conggress subject headings
Dalam wikipedia dijelaskan bahwa Sistem Temu Kembali Informasi (Information Retrieval) digunakan untuk menemukan kembali informasi-informasi yang relevan terhadap kebutuhan pengguna dari suatu kumpulan informasi secara otomatis. Salah satu aplikasi umum dari sistem temu kembali informasi adalah search-engine atau mesin pencarian yang terdapat pada jaringan internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIKLUS TRANSFER INFORMASI

Pohon Ilmu Pengetahuan dan Science Mapping

Analisis Subjek dan Jenis Subjek